VISI MISI DESA SUMBEREJO KEC. JAKEN KAB. PATI

VISI: “TERBANGUNNYA TATA KELOLA PEMERINTAH DESA YANG BAIK DAN BERSIH GUNA MEWUJUDKAN DESA SUMBEREJO YANG ADIL, MAKMUR DAN SEJAHTERA”.

MISI: 

  1. Melakukan reformasi birokrasi di jajaran aparatur pemerintah desa guna meningkatkan kwalitas pelayanan kepada masyarakat. Yakni;
  2. Melakukan upaya pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan yang menyangkut aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan serta SDM aparatur desa demi peningkatan kwalitas pelayanan dan pengabdian kepada masyarakat desa.
  3. Melakukan penataan terhadap system pemerintahanan desa yang profesional dengan berkarakteristik, berintegrasi, berkinerja tinggi, bebas dan bersih dari KKN serta mampu melayani masyarakat, netral serta memegang teguh nilai-nilai dasar kode etik aparatur pemerintahan desa.
  4. Menyelenggarakan pemerintahan yang bersih, terbebas dari korupsi serta bentuk-bentuk penyelewengan lainnya.
  • Hal yang dimaksud tersebut di atas berdasarkan dalam UU No.28 Tahun 1999 tentang peyelenggaraan Negara yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme. Yang mencakup atas segala hal meliputi; kepastian hukum, tertib penyelenggaraan Negara, keterbukaan, proposionalitas, profesionalitas dan akuntabilitas.
  1. Meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja seluas-luasnya dengan berbasiskan pada potensi asli desa.
  2. Meningkatkan mutu kesejahteraan masyarakat untuk mencapai taraf kehidupan yang lebih baik dan layak.
  • Sebagaimana yang dimaksud diatas yakni kesejahteraan dapat tercapai (poin 4) jika lapangan pekerjaan tercipta dengan memanfaatkan potensi asli desa (poin 3), diantaranya yaitu; pemanfaatlan lahan pertanian, pasar, serta industri rumahan.
  1. Meningkatkan SDM perangakat desa, yakni melalui pelatihan-pelatihan untuk peningkatan kualitas SDM perangkat sesuai tupoksi masing-masing perangkat serta pelatihan managemen desa.
  2. Meningkatka tingkat kesehatan masyarakat melalui peningkatan pelayanan posyandu dan penyuluhan-penyuluhan.

– Sasaran posyandu yaitu; Posyandu balita dan anak, serta posyandu lansia.

– sasaran penyuluhan-penyuluhan, yaitu: seluruh warga desa sumberejo, PKK, ibu hamil.

  1. Meningkatkan pembinaan mental spiritual masyarakat, melalui lembaga-lembaga keagamaan dan tokoh-tokoh keagamaan kepada masyarakat desa Sumberejo.
  2. Melakukan pembangunan insfrastruktur untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, yaitu pembangunan fisik pada jalan, jembatan dan bangunan lainnya.