MAHASISWA KKN-IK KECAMATAN JAKEN MELAKUKAN WAWANCARA DENGAN BAPAK ZAMAKHSARI SELAKU PERANGKAT DESA DAN TOKOH MASYARAKAT DI DESA SUMBEREJO

WAWANCARA MAHASISWA KKN IK KEPADA SESEPUH DESA SUMBEREJO TERKAIT MODERASI BERAGAMA DI DESA SUMBEREJO

SUMBEREJO-

Melakukan wawancara dengan salah satu tokoh agama yang ada di dk. kolutan ds. sumberejo guna mendapatkan sumber untuk pembuatan sebuah buku yang berjudul ” Moderasi Beragama Dalam Tradisi Sedekah Bumi Sebagai Identitas Budaya” Dalam kegiatan kali ini kami meminta waktu pak zamakhsari untuk memberikan sedikit pendapat tentang sedekah bumi yang ada di dukuh kolutan. Sejak adanya pandemi Covid-19 ini pelaksanaan sedekah bumi yang ada di kolutan tidak seperti biasanya, adanya ketoprak setiap sedekah bumi kini sudah tidak di laksanakan.

Hanya saja masih ada tasyakuran dan manaqiban untuk mendoakan para leluhur dan para sesepuh yang ada di dukuh kolutan. Sedekah bumi dilaksanakan pada bulan jawa ” Apit ” yaitu pada hari kamis pon. Setiap malam kamis pon selalu di adakan malam tirakatan seperti pengajian tahlil dan khataman qur’an.

Biasanya dua hari sebelum pelaksanaan kabumi di dukuh kolutan mengadakan lomba-lomba yang di ramaikan oleh anak-anak muda dukuh kolutan, misalnya lomba volly. Tujuan pelaksanaan untuk mempertahankan tradisi leluhur yang ada. Menyambut adanya sedekah bumi para warga sangat antusias dan senang atas keikutsertaan sedekah bumi. Biasanya saat ada ketoprak para warga menyiapkan makanan khas seperti bugis, lemper dan masih banyak lagi. Dengan adanya ketoprak juga biasanya para warga mengundang kerabat untuk bersilaturrahim ke rumahnya walaupun hanya sekedar berbincang-bincang dan menonton ketoprak.

 

 

Penulis: Mahasiswa KKN-IK Kecamatan Jaken (IAIN KUDUS)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan