MAHASISWA KKN-IK KECAMATAN JAKEN MELAKUKAN PENDATAAN UMKM RENGGINANG “DUA IKAN” DI DESA SUMBERJO KECAMATAN JAKEN

KUNJUNGAN KKN IK DI RUMAH PRODUKSI UMKM RENGGINANG DUA IKAN DI DUKUH KOLUTAN DESA SUMBEREJO

SUMBEREJO-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Terintegrasi Kompetensi (KKN-IK) IAIN Kudus melakukan observasi UMKM Produksi “Dua Ikan” di Desa Sumberjo Kecamatan Jaken. Rengginang “Dua Ikan” ini mulai bereproduksi sejak tahun 2017 di rumah bapak Edi Raharja Rahman.

Rengginang merupakan makanan yang berbahan dasar beras ketan dengan rasa gurih dan asin. Selain hidangan kue kering yang manis dan beraneka bentuk untuk lebaran tak lengkap rasanya jika tak turut serta hidangkan rengginang untuk para tamu. Bahan yang digunakan dalam pembuatan rengginang “Dua Ikan” yaitu: bahannya 250 gram beras ketan, Air (kurang lebih 100 ml). Bumbu: Garam (secukupnya), 2 siung bawang putih (haluskan), 1 sdt terasi bakar (haluskan).

Cara Membuat:

  1. Rendam beras ketan kira-kira selama 30 menit. Jika sudah, angkat lalu tiriskan.
  2. Siapkan panci untuk mengukus ketan yang sudah ditiriskan. Kukus beras ketan kira-kira selama 15 menit. Jika sudah, angkat beras ketan dan sisihkan sebentar.
  3. Di panci berbeda, rebus air dan tambahkan garam, bawang putih serta terasi. Rebus semua bahan ini hingga larut dan air mendidih.
  4. Ketika air sudah mendidih, masukkan beras ketan ke dalam panci dan rebus sebentar sambil diaduk hingga air asat (cukup kering).
  5. Selanjutnya, kukus lagi beras ketan yang telah direbus hingga matang dan ketan empuk. Jika sudah, angkat dan cetak ke dalam loyang.
  6. Anda bisa mencetak rengginang dengan bentuk bulat, kotak atau segitiga dan sesuai selera.
  7. Jemur rengginang di bawah sinar matahari langsung hingga kering. Biasanya, bila matahari terik rengginang ini bisa kering hanya dalam satu hari saja.
  8. Jika rengginang sudah kering dan suhunya dingin,anda dapat menggorengnya. Goreng rengginang hingga warnanya kuning kecokelatan dan sajikan untuk keluarga tercinta.

Mungkin ini cara untuk membuat rengginang dari temapt produksi UMKM Dua Ikan diDesa Sumberejo Kecamatan Jaken.

 

 

Penulis: Mahasiswa KKN-IK Kecamatan Jaken (IAIN KUDUS)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan