MAHASISWA KKN-IK IAIN KUDUS LAKUKAN PENDAMPINGAN MENGAJAR DI PAUD MIFTAHUL HUDA DESA SUMBERJO KECAMATAN JAKEN

MAHASISWA KKN IK IAIN KUDUS SEDANG MELAKUKAN PENDAMPINGAN BELAJAR PADA ANAK PAUD.

SUMBEREJO-Kegiatan belajar mengajar merupakan proses pentransferan ilmu dari seorang guru kepada siswa, dimana dalam proses tersebut membutuhkan kesiapan baik dari guru maupun siswa. Adapun kesiapan seorang guru dapat berupa pembuatan RPP, penyediaan sarana dan prasarana yang mendukung, dll. Terlebih untuk mengajar anak-anak di jenjang PAUD/TK,  kelas yang asik, menarik dan menyenangkan sangat diperlukan. Oleh karena itu KKN-IK IAIN Kudus Kelompok Kecamatan Jaken yang bereksempatan untuk mendampingi KBM pada tanggal 27-28 September 2021 telah berusaha menciptakan kelas yang sesuai untuk anak-anak di jenjang PAUD.

Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan selama 1 jam yaitu pukul 08.00 WIB – 09.00 WIB. KBM diawali dengan berdo’a, membaca do’a sehari-hari, menyanyi dan bersholawat guna menciptakan rasa semangat pada anak-anak sebelum mendapatkan materi. Adapun materi yang diberikan oleh KKN-IK yaitu mewarnai. Pada hari pertama KKN-IK memberikan contoh gambar bunga yang telah diwarnai, selanjutnya anak-anak dipersilahkan untuk mewarnai gambar bunga yang telah dipersiapkan. Begitu pula pada hari hari kedua, namun bedanya gambar yang harus diwarnai yaitu gambar apel.

Anak-anak begitu antusias dalam mengikuti kegiatan belajar, namun tidak bisa dipungkiri di usia mereka yang masih dini merupakan masa mereka untuk bermain. Jadi hal yang wajar jika selama KBM masih terdapat siswa yang bermain ataupun makan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan semangat belajar mereka dan sebagai bentuk apresiasi atas proses anak-anak dalam belajar, KKN-IK memberikan susu dan snack sehat untuk anak-anak. “Saya ucapkan terimakasih kepada kakak-kakak KKN yang telah berbaik hati berkenan untuk membantu mengajar di PAUD Miftahul Huda dan saya sangat mengapresiasi semangat kalian walupun dari kakak-kakak tidak ada yang dari jurusan PG PAUD tapi mau berusaha untuk mengajar PAUD. Pastinya kalian faham bagaimana kesulitan menghadapi anak kecil, namun kalian mau belajar dan menyesuaikan, semoga berkah ya”, tutur Ibu Muslikhah, S.Pd., selaku Kepala PAUD Miftahul Huda.

 

 

 

Penulis: Mahasiswa KKN-IK Kecamatan Jaken (IAIN KUDUS)

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan