KKN-IK IAIN KUDUS KELOMPOK KECAMATAN JAKEN, ADAKAN PENDAMPINGAN BELAJAR DI DESA SUMBERJO

Mahasiswa KKN IK sedang melakukan kegiatan belajar kelompok untuk anak PAUD/TK - MI/SD

SUMBEREJO- Keadaan Indonesia yang tak kunjung membaik lantaran merebaknya Corona Virus Diseae, memberikan banyak perubahan di sisi kehidupan manusia salah satunya yaitu sistem pendidikan yang sekarang berubah menjadi kelas online. Hal ini tidak bisa dipungkiri bahwa kegiatan belajar mengajar selama pandemi COVID -19 harus melibatkan peran orang tua di dalamnya. Namun, yang menjadi permasalahan yaitu tidak semua orang tua bisa mendapingi anaknya dalam proses belajar daring dengan baik. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu tingkat pengetahuan orang tua yang kurang memadai, kesibukan orang tua, kurangnya tingkat kesabaran orang tua dan lain sebagainya. Oleh karena itu KKN-IK IAIN Kudus Kelompok Kecamatan Jaken adakan pendampingan belajar di Desa Sumberjo.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 26 September 2021 di kediaman ketua KKN-IK kelompok Kecamatan Jaken. Pendampingan belajar diikuti oleh sebanyak sebelas anak dari tingkat SD/MI sederajat dan satu anak PIAUD. Metode yang digunakan dalam mengajar yaitu satu praktikan membimbing satu siswa, sehingga menjadikan kegiatan belajar berjalan dengan efektif. Selama dua jam pelajaran tersebut siswa dapat belajar mata pelajaran bahasa jawa, bahasa inggris dan SKI untuk tingkat SD/MI sederajat dan belajar menulis, membaca serta mewarnai untuk tingkat PIAUD.

“Dengan diadakannya kegiatan pendampingan belajar oleh KKN-IK IAIN Kudus, saya merasa terbantu dalam mendampingi anak saya belajar. Karna saya merasa kurang cakap jika mengajari Bahasa Inggris mbak”, ucap Ibu Sri salah satu ibu dari anak yang mengikuti kegiatan pendampingan belajar.

 

 

 

Penulis: Mahasiswa KKN-IK Kecamatan Jaken (IAIN KUDUS)

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan