SOSIALISASI AKHIR MASA JABATAN SEKALIGUS PEMBENTUKAN PANITIA PENGISIAN KEANGGOTAAN BPD

SOSIALISASI AKHIR MASA JABATAN DAN PEMBENTUKAN PANITIA PENGISIAN KEANGGOTAAN BPD

SUMBEREJO-Pemerintah Desa Sumberejo Kecamatan Jaken Kabupaten Pati pada hari Sabtu (23/03/2019) bertempat di Aula Balai Desa Sumberejo, telah melaksanakan kegiatan sosialisasi mengenai Akhir Masa Jabatan BPD desa Sumberejo. Hal ini berdasarkan pada Perbub Pati Nomor 55 tahun 2014 tentang Pengaturan Pelaksanaan Peraturan Perda Kabupaten Pati Nomor 8 Tahun 2014 tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Sehubungan dengan hal tersebut di atas Kepala Pemerintahan Desa Sumberejo dihimbau agar segera meaksanakan sosialisasi berkaitan masa berakhirnya BPD paling lama 6 bulan sebelum masa berakhirnya keangotaan BPD serta agar segera mensosialisasikan pengisian keanggotaan BPD.
Acara sosialisasi ini dihadiri oleh unsur Pejabat Pemerintahan Desa Sumberejo, Kasi Pemerintahan Kecamatan Jaken, Anggota BPD serta tokoh masyarakat di Desa Sumberejo. Dalam sambutanya, Kepala Desa Sumberejo Susanto mengatakan bahwa mengingat akhir masa jabatan keanggotaan BPD Desa Sumberejo tanggal 25 Juni 2019 maka dari itu diminta agar masyarakat bersikap proaktif dalam pembentukan panitia Pengisian BPD. Susanto juga menambahkan agar calon anggota BPD dipilih dari masyarakat yang pro aktif untuk kemajuan desa serta agar terdapat unsur perempuan. Selain itu pula ketua BPD Desa Sumberejo dalam sambutannya mengatakan bahwa selama 6 tahun kinerja BPD banyak perdes yang dihasilkan bersama Kepala Desa sehingga apa-apa yang ada dipemerintahan desa memiliki payung hukum serta dengan sisa waktu yang tinggal beberapa bulan ini agar hal-hal yang belum dikerjakan agar segera diselesaikan.
Menurut Agus Karyadi selaku Kasi Pemerintahan Kecamatan Jaken mengatakan bahwa Sumberejo dengan jumlah penduduk lebih dari 4.000 jiwa maka jumlah anggota BPD yang diperlukan adalah 9 orang dan masa jabatan keanggotaannya selama 6 tahun selama 3 periode, sedangkan untuk mekanisme sumber dana pengisian BPD dianggarkan dari ADD maupun PAD.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan